Apakah Jumlah Pinjaman Sesuai Gadai BPKB Mobil?

Spread the love

Cara mendapatkan pinjaman paling mudah adalah dengan menggadaikan BPKB kendaraan. Anda bisa mendapatkan pinjaman dana dengan cepat karena prosesnya mudah dan dana bisa langsung cair pada saat itu juga. Apalagi sudah banyak lembaga gadai yang memberikan layanan pengajuan secara online.

Anda bisa mengajukan pinjaman gadai BPKB sekarang apabila dibutuhkan dan selanjutnya Anda harus siap untuk membayar angsuran setiap bulan. Nah, bagi Anda yang penasaran apakah pinjaman yang didapatkan sesuai dengan gadai BPKB mobil tentu saja hal ini akan disesuaikan dengan beberapa faktor. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi nilai pinjaman yang kita dapatkan apabila gadai BPKB mobil.

Faktor Penentu Nilai Pinjaman Gadai BPKB Mobil

Faktor-faktor yang menentukan besaran pinjaman gadai BPKB mobil adalah:

1. Merek Kendaraan

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi besaran pinjaman gadai BPKB mobil adalah dilihat dari merek kendaraan. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman dana gadai BPKB mobil, biasanya taksirannya disesuaikan dengan merek kendaraan mobil yang ingin Anda gadaikan. Seperti yang kita ketahui ada berbagai macam merek mobil yang ada di Indonesia.

Biasanya kendaraan mobil buatan Jepang memiliki nilai taksir yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mobil buatan Eropa. Dilihat dari segi pengguna juga peminat dari mobil Jepang jauh lebih tingi dibandingkan mobil Eropa. Harga beli kendaraannya juga jauh lebih murah dan fitur yang tersedia jauh lebih mudah dioperasikan.

2. Kelengkapan Dokumen

Faktor kedua yang bisa menentukan kisaran pinjaman gadai BPKB adalah kelengkapan dokumen. Saat Anda mengajukan pinjaman gadai BPKB, tentu saja harus menyerahkan beberapa dokumen persyaratan. Apalagi ada beberapa dokumen persyaratan yang wajib dan termasuk yang berhubungan dokumen yang berkaitan dengan kendaraan yang ingin Anda gadaikan.

Biasanya saat Anda menggadaikan kendaraan, dokumen seperti BPKB dan STNK asli akan diminta. Bahkan BPKB kendaraan Anda akan ditahan sampai angsuran atau cicilan Anda lunas. Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan dokumen persyaratan dengan lengkap supaya bisa mendapatkan pinjaman.

Baca juga : Kelebihan Melakukan Simulasi Gadai BPKB Mobil

3. Tipe Kendaraan

Selain merek kendaraan yang bisa mempengaruhi taksiran atau jumlah pencairan dana yang bisa Anda dapatkan, namun juga tipe kendaraan. Setiap merek mobil memiliki banyak tipe yang tersedia dan bahkan hampir setiap tahun mengeluarkan tipe yang terbaru. Tipe mobil terbaru biasanya memiliki fitur yang jauh lebih canggih dan lengkap sehingga dapat mempengaruhi harganya.

Oleh sebab itu, saat Anda gadai BPKB, pasti akan ditanyakan mengenai tipe kendaraan untuk menghitung jumlah pencairan dana yang bisa didapatkan. Anda harus memastikan tipe mobil yang akan digadaikan bukan tipe yang lama supaya mendapatkan taksiran yang jauh lebih besar.

4. Kondisi Kendaraan

Faktor lain yang bisa mempengaruhi nilai taksiran gadai BPKB mobil adalah bagaimana kondisi kendaraannya. Pihak lembaga gadai juga tidak akan sembarangan menerima kendaraan dan mereka akan melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan. Biasanya ada beberapa kriteria kondisi kendaraan yang akan dilihat untuk menentukan kelayakan kendaraan tersebut bisa digadaikan atau tidak.

Kondisi kendaraan yang rusak atau bahkan kecelakaan sehingga kondisinya tidak memungkinkan untuk dijual lagi. Pastikan kondisi fisik kendaraan Anda masih prima dan layak dijual supaya bisa dijadikan jaminan saat mengajukan pinjaman. Semua kendaraan akan dicek terlebih dahulu baru ditaksir berapa nilainya sesuai dengan kondisi yang ada.

5. Usia Kendaraan

Faktor berikutnya adalah dilihat dari usia kendaraan juga bisa menentukan besaran dana pinjaman yang akan Anda dapatkan nantinya. Ada kriteria maksimal usia kendaraan yang bisa digadaikan di lembaga gadai. Namun, masing-masing lembaga gadai juga memiliki aturan mengenai maksimal usia kendaraan yang berbeda-beda.

Umumnya maksimal usia kendaraan mobil yang bisa digadaikan adalah 15 tahun dan untuk kendaraan motor 20 tahun. Kendaraan yang usianya lebih dari kriteria tersebut biasanya sudah memiliki nilai jual yang rendah sehingga tidak bisa dijadikan sebagai jaminan. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggadaikan mobil yang tidak terlalu tua agar mendapatkan taksiran yang lebih besar atau sesuai dengan kebutuhan.

6. Kisaran Harga Kendaraan

Faktor terakhir yang menentukan nilai taksiran atau jumlah pinjaman dana adalah kisaran harga kendaraan tersebut. Nantinya, pihak lembaga gadai akan menentukan kisaran harga kendaraan yang terbaru. Jenis kendaraan terbaru biasanya memiliki nilai taksiran yang jauh lebih tinggi.

Terlebih Anda baru saja membeli mobil tersebut beberapa tahun yang lalu sehingga kemungkinan harganya tidak terlalu jatuh. Anda juga bisa mengandalkan simulasi gadai BPKB yang tersedia agar bisa mengetahui berapa maksimum pencairan dana yang didapatkan sesuai dengan kondisi dan harga kendaraannya.

Itulah faktor yang bisa menentukan besaran pinjaman gadai BPKB yang berlaku di sejumlah lembaga gadai secara umum yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman.

Baca juga : Membandingkan Gadai BPKB Mobil di Berbagai Lembaga